Sabtu, 09 November 2019

Debat & Pembahasan Soal Ujian Nasional Kelas XII IPS 4 Thn 2019


Nama yg menjelaskan : Fayza anis Harun
Nama yg menyanggah : Fatkhur Rohmansyah

Teks berikut untuk soal nomor 36 s.d. 37.
Cermatilah penggalan cerita pendek berikut !
Melihat tingkah kedua remaja itu, ditambah
dengan ajakannya yang menggoda, serta musik pengiringnya yang merangsang, penumpang-penumpang yang banyak itu pun tergelitik ikut menari. Semua mereka sekarang menari. Anak gadisyang duduk disebelahku mungkin tergoda pula untuk
menari. Dia menoleh kepadaku dan berkata, "Mari kita ikut menari, Pak."
"Taklah. Badan Bapak masih terasa sakit. Kau sajalah yang menari."
"Tapi tak ada pasangan yang tersisa untukku. Ayolah! Temanisaya. Tak apalah sakit-sakit sedikit. Apa kata anak muda itu ? Lupakan sejenak segaladuka ! Ayo. Mari sejenak kita ikut berlupa-lupa."
"Bapak tidak pantas menari bersamamu. Malu dilihat orang. Apa kata mereka nanti? Si tua yang tak tahu dituanya!"
"Semua seorang sekarang ini sedang gila
menari! Tak pantas kalau tak ikut menari di tengah orang yang sedang menari. Ayolah, Pak. Ayolah. Malu bukan lagi milik orang sekarang ini. Ayolah. Lupakan sejenak segala duka! Mari bergembira." Ditariknya tanganku.
"Saya ingin sekali menari di atas kereta rel listrik yang sedang berjalan. Bagaimana rasanya melenggokdi ataslantai yang bergoyong. Takpernah saya temukan suasana gila seperti ini,seumur-umur. Ayolah, Pak. Mumpung ada orang yang
mengambil inisiatif."
Di Atas Kereta Rel Listrik, Hamsad Rangkuti

37. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen
tersebut adalah ....
(A) Rasa maluhendaknya disesuaikandengansituasi
dan kondisi pada saat itu.
(B) Anak-anak muda sebaiknya tidak mengikuti
perkembangan budaya asing.
(C) Orang harus mempertimbangkan sesuatu
sebelum melakukan perbuatan
(D) Sebaiknya orang harus pandai menyesuaikan
diri dengan lingkungan saat itu.
(E) Anak-anak muda sebaiknya jangan mudah
tergoda oleh budaya dalam negeri.
Jawaban : C


Kutipan berikut untuk soal nomor 38 dan 39.
Bacalah dengan seksama kutipan Hikayat
Bayan Budiman berikut ini!
Alkisah seorang raja Hindustan bernama GairMalik yang mempunyai dua anak laki-laki bernamaSahil dan Naim. Walaupun istri baginda telahmeninggal tujuh tahun yang lalu, Baginda masihlagi keseorangan. Suatu hari, Gair Malik bermimpibertemu seorang putri cantik rupawan yang munculdari dalam laut. Baginda meminta kepada kedua
puteranya untuk mencari putri itu untuk dijadikanistri baginda. Sahil dan Naim pun berlayar ke negeriseberang. Dalam perjalanan, ribut taufan telah menghancurkan kapal mereka. Sahil terselamatkan,sementara Naim hilang didalam kemalangan tersebut. Sahil pulang ke istana dengan berita sedih.
Sebenarnya Naim selamat dan mendarat disebuah negeri. Ia bertemu dengan seorang syeikh dan menceritakan hajat perjalanannya. Syeikh itu memberitahu bahwa puteri itu adalah putri Raja Jin
Afrit yang sedang berperang dengan Raja Jin Kafir Arkas. Syeikh mengajar Naim dengan doa taju's-Sulaiman untuk menghadapi jin itu. Di dalam perlawanan itu, Naim berjaya mengalahkan Raja Jin kafir Arkassehingga Raja Jin Afrit mengucapkan terima kasih dengan menyerahkan puterinya untuk dipersunting oleh ayahanda Naim. Setelah perkawinan tersebut, hubungan kedua kerajaan tadi
menjadi sangat baik, tidak ada lagi peperangan. Masing-masing menghormati di antara satu sama lain

38. Watak Sahil dan Naim dalam kutipan tersebut
adalah ....
(A) tunduk kepada peraturan
(B) patuh kepada orang tua
(C) setia kepada kerajaan
(D) tegar menghadapi cobaan
(E) selalu menepati janji
Jawaban : B

39. Amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut
adalah ....
(A) Berterimakasihlah kepada orang yang telah
menyelamatkan kita.
(B) Kasihilahorang yang telah memberikan bantuan
kepada kita
(C) Taklukkan musuh dengan mengambil simpati
orang tersebut.
(D) Janganlahmenyerahsebelum menghadapisuatu
pertempuran.
(E) Berkorbanlah untuk kebahagian orangtuamu.
Jawaban : E

Cermatilah dialog berikut!
Pardi : (Monolog) Ah, semoga hujan lekas turun kembali. Jika hujan turun, tanaman yang dahulunya kering bisa hijau kembali.
(Dari dalam rumah ibunya muncul
menemui anaknya yang sedang menanam
pohon)
Ibu : Sedang apa kau, Pardi ?
Pardi : .....
Ibu : Kau memang seperti Bapakmu dulu, Pardi. Sewaktu Bapakmu masih hidup, sangat gemar menanam pohon-pohon akasia.
Pardi : Ah, daripada waktu terbuang percuma, Bu Pardi menanam pohon-pohonan untuk menangkal arus banjir yang deras di depan rumah kita ini.
Ibu : Baiklah, tapi kau jangan bekerja terlalu
lama. Ingat, kamu kan baru sakit.
Pardi : Tidak, Bu. Pardi akan bekerja seringan mungkin dan jika capek, pekerjaan ini akan saya lanjutkan besok pagi.

40. Kalimat berikut yang tepat untuk melengkapi dialog
tersebut adalah ....
(A) E, sedang membaca tanaman akasia, Bu.
(B) E, sedang menyiram akasia, Bu.
(C) E, sedang menyiangi akasia, Bu.
(D) E, sedang mencangkok akasia, Bu.
(E) E, sedang menanam pohon akasia, Bu
Jawaban : E

2 komentar:

  1. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus
  2. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus